Doa Kebaikan Dunia Akhirat

2 min read

Doa Kebaikan Dunia Akhirat

Dari sekian banyak doa dan harapan yang kita panjatkan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, tentunya yang paling ingin kita raih adalah kesuksesan baik di dunia maupun di akhirat.

Karena bagaimanapun juga dunia adalah tempat kita menjalani kehidupan saat ini, sedangkan akhirat adalah tempat pemberhentian terakhir kita yang kekal dan abadi.

Tujuan Doa Memohon Keselamatan

Adapun tujuan kita memanjatkan doa keselamatan dunia dan akhirat antara lain adalah:

  • Terhindar dari bencana
  • Terhindar dari malapetaka
  • Dijauhkan dari tipu daya orang kafir
  • Memperoleh kesehatan di dunia
  • Selamat dari penguasa zalim
  • Selamat dari orang zalim
  • Agar dijauhkan dari siksa api neraka
  • Digolongkan kepada orang-orang selamat di akhirat

Kemudian banyak lagi yang lainnya, secara garis besar tujuannya adalah agar kita selamat di dunia dari segala sesuatu yang merugikan dan menyesatkan kita. Dan juga agar kita mendapatkan tempat yang baik di akhirat kelak.

Pada saat kita mengharapkan sesuatu terjadi, maka Allah Subhanahu Wa Ta’ala adalah satu-satunya tempat memohon, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ لَمْ يَسْأَلِ اللَّهَ يَغْضَبْ عَلَيْهِ

“Barangsiapa yang tidak meminta pada Allah, maka Allah akan murka padanya.” (HR. Tirmidzi)

Selain melantunkan doa keselamatan dunia akhirat agar tidak tersesat menuju jurang keburukan dan kesengsaraan, seorang muslim juga harus berikhtiar atau berusaha untuk menjalankan perintah Allah serta menjauhi larangan-Nya.

Baca Juga : Doa Ketenangan Hati

Macam-macam Doa Keselamatan

Bacaan Doa Selamat Tulisan Arab

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Bacaan Doa Selamat Latin

“Allaahumma Innaa Nas Aluka Salaamatan Fid Diin, Wa ‘Aafiyatan Fil Jasad, Wa Ziyadatan Fil ‘Ilmi, Wabaròkatan Dir Rizqi, Wa Taubatan Qòblal Maut, Waròhmatan Indal Maut, Wa Maghfiròtan Ba’dal Maut. Allaahumma Hawwin ‘Alainaa Fii Sakaròòtil Maut, Wan Najaata Minan Naar, Wal ‘Afwa Indal Hisaab”

Arti Doa Selamat

“Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut.”

“Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab”

Kemudian doa selamat juga terdapat pada Qur’an surah Al-Baqarah Ayat 201, yang berbunyi:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa Aatinaa Fid Dun-Ya Hasanah, Wafil-Aakhirati Hasanah, Waqinaa ‘Adzaaban Naar

“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.” (QS. Al Baqarah: 201)

Doa yang sering dibaca Rasulullah:

Qasim bin Abdurrahman berkata, “siapa yang diberi kalbu yang selalu bersyukur, lisan yang selalu berdzikir, dan jasad yang sabar dan tangguh, maka dia telah diberi kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta di pelihara dari siksa neraka.

Maka dari itu Rasululllah shallallahu ‘alaihi wasallam banyak berdoa dan sangat menganjurkan umat Islam untuk membaca doa ini.

Dari Anas bin Malik radliyallah ‘anhu berkata bahwa doa yang paling sering dibaca Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah:

اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allaahumma Rabbanaa Aatinaa Fid Dun-Ya Hasanah, Wafil-Aakhirati Hasanah, Waqinaa ‘Adzaaban Naar

 “Ya Allah, ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka”. (HR. Bukhari dan Ahmad)

Baca Juga : Doa dimudahkan dari segala urusan

Waktu Mustajab Membaca Doa Keselamatan

Doa keselamatan dunia akhirat pada dasarnya dapat dibaca kapan saja, terlebih pada waktu-waktu mustajabnya pengabulan doa.

Yaitu di sepertiga malam terakhir, jeda antara adzan dan iqamah, pada sore hari Jum’at, dan seperti pada saat sujud dalam shalat. Namun, ada beberapa kondisi khusus yang dianjurkan untuk membacanya, di antaranya:

1.  Ketika berdoa pada saat tawaf, yaitu saat berada di antara rukun Yamani dan Hajar Aswad.(HR. Abu Dawud)

2.  Pada tasyahhud akhir berdasarkan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda, “kemudian silahkan dia berdoa yang dia suka.”

Hadits ini juga didukung riwayat Umair bin Sa’d yang mengatakan bahwa Abdullah bin Mas’ud mengajari mereka bacaan tasyahhud dalam shalat kemudian berkata, “jika salah seorang kamu selesai baca tasyahhud hendaknya dia berdoa, salah satunya doa di atas.”

Baca Juga : Doa Mendatangkan Rezeky Tidak Terduga

Manfaat Doa Dunia dan Akhirat

Pada dasarnya keselamatan setiap orang itu sesuai dengan apa yang diperbuatnya, dan tentunya sesuai takdir yang ditetapkan Allah.

Tetapi Allah sangatlah menyukai hamba-Nya yang menggantungkan segala sesuatu pada-Nya. Dengan memanjatkan doa kita telah melakukan salah satu wujud dari bergantung kepada Allah.

Do’a adalah ibadah dan salah satu bentuk ketaatan kepada Allah. Rasulullah bersabda:

الدُّعَاءُ هُوَ الْعِبَادَةُ

Do’a adalah ibadah.” (HR. Abu Daud)

Bagi umat muslim, doa selamat dunia akhirat merupakan satu dari sekian doa yang dianjurkan untuk dibaca guna terhindar dari keburukan baik di dunia maupun di akhirat.

Baca Juga : Doa Ketika Sakit

Barang siapa yang membaca doa keselamatan dunia akhirat dan menghayatinya, niscaya mampu terlindung dari terjerumus ke jalan yang buruk.

Sehingga ketika akan melakukan sesuatu yang buruk, niscaya akan Allah gerakkan hatinya untuk membatalkan niat buruk tersebut atau dihindarkan dengan segala cara.

Demikianlah penjelasan tentang doa keselamtan dunia akhirat. Semoga upaya kita untuk tetap berada di jalan yang lurus dimudahkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Sehingga kehidupan di dunia kita mendapat berkah dan mendapat tempat yang baik di akhirat kelak. Wallahu a’lam bish shawab.

Doa Pembuka Rezeki

Neny S.
5 min read

Doa Ketika Sakit

Neny S.
5 min read

Doa Ketenangan Hati

Neny S.
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *