Doa Ibu Hamil

4 min read

Doa Ibu Hamil

Dalam siklus kehidupan wanita, akan tiba masanya seorang wanita dipercayakan oleh Allah untuk dititipkan janin dalam kandungannya dan menjadi seorang ibu.

Banyak hal yang kerap menjadi kecemasan pada seorang wanita yang mengandung, terlebih bagi yang sedang mengandung anak pertama.

Namun tak perlu mengkhawatirkan terlalu banyak hal, karena semuanya akan baik-baik saja selagi kita berusaha mempersiapkan diri dan berdoa.

Ada beberapa amalan atau doa yang dapat diamalkan seorang ibu ketika tengah mengandung, berikut pembahasannya.

Fungsi Doa Bagi Ibu Hamil

Pada dasarnya tidak ada doa yang diperuntukkan khusus untuk wanita yang tengah mengandung, namun ada doa-doa tertentu yang secara manfaat sesuai dengan yang dibutuhkan oleh seorang ibu hamil.

Apa Yang Perlu Didoakan Ibu Hamil?

Kemudahan adalah hal yang terpenting dalam melewati momen kehamilan, dan sesungguhnya Allah lah yang memiliki kuasa untuk memberikan kemudahan.

Dari Anas bin Malik, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

“Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa”

Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.

Ada banyak hal yang biasanya diharapkan oleh seorang ibu hamil, seperti mendapatkan keselamatan saat persalinan, ketenangan hati maupun kehadiran anak yang saleh/salehah.

Walaupun mungkin ada perbedaan dari segi harapan bagi tiap-tiap wanita yang tengah mengandung, namun pada dasarnya keinginan yang paling kuat adalah ibu berharap saat proses bersalin ia dan bayi selamat serta bayinya lahir sempurna, baik yang lahir bayi perempuan maupun laki-laki.

Namun ada hal-hal yang sebaiknya menjadi fokus doa bagi seorang ibu hamil muda atau yang tengah mengandung bayi berusia 1-4 bulan, yaitu :

  • Kebahagiaan
  • Rezeki yang berkah
  • Umur yang membawa manfaat
  • Amal perbuatan yang baik

Karena pada usia 1 hingga 4 bulan janin sedang dalam bentuk segumpal darah atau disebut dengan alaqah.

Yang kemudian pada 120 hari (4 bulan) itu berubah bentuk menjadi segumpal daging atau disebut juga dengan mudghah.

Pada saat itulah Allah meniupkan ruh pada janin dan menetapkan padanya 4 hal tersebut.

Dalam surat Shaad ayat 72 disebutkan,

فَإِذَا سَوَّيْتُهُۥ وَنَفَخْتُ فِيهِ مِن رُّوحِى فَقَعُوا۟ لَهُۥ سَٰجِدِينَ

“Maka apabila telah Ku sempurnakan kejadiannya dan Ku tiupkan kepadanya ruh-Ku. Maka hendaklah kamu tersungkur dengan bersujud kepadanya.(QS. Shaad 72)

Mustajabnya Doa Ibu Hamil

Banyak pertanyaan seputar apakah benar ibu yang tengah mengandung doanya pasti diijabah Allah Subhanahu Wa Ta’ala? Pada dasarnya tidak ada dalil yang mengistimewakan seorang ibu hamil dalam hal pengabulan doa.

Akan tetapi doa seorang muslim tentu akan dikabulkan oleh Allah terlebih doa seorang ibu, kecuali itu terhambat karena dosa, berdoa dengan tidak ikhlas, terburu-buru atau meminta yang haram.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لاَ شَكَّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْوَالِدِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

“Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang tua, doa orang yang bepergian (safar) dan doa orang yang dizholimi.” (HR. Abu Daud)

Kemudian sesuai dengan Quran Surah Luqman Ayat 14 :

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ

Artinya:

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu. (QS. Luqman 14)

Hal ini menjadi dasar kepada kita sebagai orang tua agar berhati-hati dalam berucap kepada anak. Karena setiap ucapan kita akan menjadi doa yang mustajab bagi mereka.

Baca Juga : Doa Kelahiran Anak

Doa Untuk Ibu Hamil

Berikut kumpulan beberapa doa yang dianjurkan untuk menjadi bacaan oleh ibu hamil antara lain:

1. Surat Al-Fatihah

Pada salah satu ayat dalam surat Al Fatihah yaitu

ٱهْدِنَا ٱلصِّرَٰطَ ٱلْمُسْتَقِيمَ

“Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.” (Al-Fatihah 5)

Ketika tengah mengandung, penting untuk mendapatkan perlindungan dan pertolongan Allah. Karena hanya Allah lah tempat berlindung.

2. Ayat Kursi

Ibu hamil dianjurkan untuk membaca ayat kursi satu kali di pagi hari dan satu kali di sore hari. Karena ayat kursi memiliki salah satu keutamaan yaitu mendapat penjagaan dari malaikat sepanjang hari.

Dari Ubay bin Ka’ab, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا قَرَأَتْهَا غُدْوَةً أُجِرَتْ مِنَّا حَتَّى تُمْسِيَ ، وَإِذَا قَرَأَتْهَا حِيْنَ تُمْسِي أُجِرَتْ مِنَّا حَتَّى تُصْبِحَ

“Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga pagi. Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi hingga petang.” (HR. Al Hakim)

Ayat kursi merupakan bagian dari surah Al-Quran, yaitu terdapat pada surah Al-Baqarah ayat 255:

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar“(QS. Al Baqarah 255)

3. Surat al-A’raf ayat 54

إِنَّ رَبَّكُمُ الله الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيثًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُومَ مُسَخَّرَاتٍ بِأَمْرِهِ أَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْأَمْرُ تَبَارَكَ الله رَبُّ الْعَالَمِينَ

“Inna Rabbakumulladzii kholaqas samaawaati wal ardla fii sittati ayyaamin tsummastawaa ‘alal ‘arsyi yughsyil lailan nahaara yathlubuhu hatsiitsan wasy syamsa wal qamara wan nujuuma musakhkharaatim bi amrihi alaa lahul khalqu wal amru tabaarokallaahi rabbil ‘aalamiin,”

“Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam hari. Lalu Dia bersemayam di ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan, dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.”(QS. Al-A’raf 54)

4. Doa menjelang persalinan

Bila tanda persalinan sudah semakin dekat, sebaiknya ibu hamil sering-sering melafalkan doa berikut ini:

حَنَا وَلَدَتْ مَرْيَم وَمَرْيَمْ وَلَادَتْ عِيْسَى اُخْرُجْ اَيُهَا الْمَوْلُوْدْ بِقُدْرَةِ الْمَلِكِ الْمَعْبُوْدْ

“Hannaa Waladat Maryama, Wa Maryama Waladat Iisaa, Ukhruj Ayyuhal Mauluudu Biqudrotil Malikil Ma’buudi,”

“Hana telah melahirkan Maryam, sedangkan Maryam sudah melahirkan Isa. Maka, keluarlah hai anakku dengan sebab kekuasaan Allah yang disembah.”

Baca Juga : Doa Ketika Sakit

5. Al-Imran ayat 35

رَبِّ إِنِّي نَذَرْتُ لَكَ مَا فِي بَطْنِي مُحَرَّرًا فَتَقَبَّلْ مِنِّي ۖ إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Rabbi inni nazartu laka mā fi baṭni muḥarraran fa taqabbal minni, innaka antas-sami’ul-‘alim

“Ya Tuhanku (Allah), sesungguhnya aku menazarkan kepada Engkau anak yang dalam kandunganku menjadi hamba yang shaleh dan berkhidmat (di Baitul Maqdis). Karena itu terimalah (nazar) itu dari padaku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Imran 35).

6. Ayat-ayat Al Qur’an Lainnya

Selain doa atau ayat-ayat diatas, ibu hamil disarankan membaca sebanyak mungkin ayat-ayat Al-Quran lainnya yang dihafal. Sebab sesungguhnya pada semua ayat Al-Quran itu terdapat banyak keutamaan.

Seperti halnya surah yusuf ayat 1-16 yang populer dikalangan masyarakat dengan harapan mendapat anak yang rupawan seperti nabi yusuf. Meskipun sebenarnya tidak ada dalil yang menegaskan akan kebenaran hal tersebut.

Dan dengan banyak menyebut kalimat-kalimat Allah niscaya Allah akan memudahkan urusan kita. Allah maha mengetahui apa yang kita butuhkan.

Dalam (QS. Ar’Rad ayat 8), Allah berfirman :

ٱللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَحْمِلُ كُلُّ أُنثَىٰ وَمَا تَغِيضُ ٱلْأَرْحَامُ وَمَا تَزْدَادُ ۖ وَكُلُّ شَىْءٍ عِندَهُۥ بِمِقْدَارٍ

“Allah mengetahui apa yang dikandung oleh setiap perempuan, apa yang kurang sempurna, dan apa yang bertambah dalam rahim. Dan segala sesuatu ada ukuran di sisi Nya.”(QS. Ar’Rad 8)

7. Perbanyak beristighfar

Pada saat proses persalinan biasanya seorang ibu hamil yang tengah menahan sakit akan spontan beristighfar. Ternyata ada banyak manfaat dari istighfar.

Salah satu dari keutamaan istighfar adalah meringankan masalah yang sedang dihadapi. Sehingga pada perkara ini, insyaallah Allah akan mempermudah proses persalinan.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :

“مَنْ أَكْثَرَ مِنْ الِاسْتِغْفَارِ؛ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا، وَمِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا، وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ”

“Barang siapa membiasakan diri untuk beristigfar, Allah akan memberikan jalan keluar baginya dari setiap kesulitan, akan memberikan kebahagiaan dari setiap kesusahan, dan akan memberi rezeki dari arah yang tidak disangka sangka.” (HR. Abu Daud & Ibnu Majah)

Baca Juga : Doa di Mudahkan Segala Urusan

Kesimpulan

Kehamilan memanglah proses yang sangat penting bagi seorang wanita, namun tidak perlu terlalu panik. Karena 9 atau 10 bulan adalah waktu yang cukup untuk mempelajari banyak hal dan mempersiapkan diri menjadi seorang ibu.

Anak adalah titipan terindah dari Allah, bagi yang sedang berikhtiar untuk memperolehnya perbanyaklah dzikir dan menunjukkan kepada Allah bahwa kita siap menjadi orangtua yang baik kelak, tentunya dengan mempersiapkan diri.

Karena Allah lah yang paling tau kapan waktu terbaik untuk bayi kita terlahir kedunia.

Demikianlah pembahasan mengenai doa ibu hamil beserta arab latin dan artinya. Semoga ibu yang sedang mengandung saat ini dipermudah proses kehamilan dan persalinannya. Aamiin. Allahu a’lam bish shawab.

Pernikahan Dalam Islam

Neny S.
8 min read

Doa Pembuka Rezeki

Neny S.
5 min read

Doa Ketika Sakit

Neny S.
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *