Doa Sholat Dhuha

3 min read

Gambar orang sedang sholat dhuha

Dalam agama Islam selain terdapat amalan-amalan wajib juga terdapat amalan sunnah.

Didalam pengerjaan ibadah shalat pun terdapat jenis shalat fardhu (wajib) dan sunnah.

Mengerjakan amalan sunnah akan mendatangkan banyak pahala dan keberkahan.

Salah satu dari shalat sunnah adalah shalat dhuha, yang tata cara pelaksanaannya telah kami rangkum pada artikel sebelumnya.

Yang mana shalat dhuha dikenal memiliki banyak keutamaan.

Baca juga : Manfaat Sholat Dhuha

Mengenal Doa Sholat Dhuha

Sholat dhuha adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada pagi hari, mulai dari setelah terbitnya matahari, hingga sebelum masuk waktu dhuhur.

Salat dhuha ini bisa dikerjakan mulai dari 2 rakaat hingga maksimal 12 rakaat.

Apabila kita mengerjakan dan mengamalkan doa sholat dhuha secara teratur, InshaAllah akan merasakan manfaat seperti kelapangan rezeki, dimudahkan urusan, dan pahala yang berlimpah.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala memerintahkan kepada umat-Nya untuk menjalankan ibadah sebagai wujud ketakwaan dan ketaatannya kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Salah satunya adalah ibadah sunnah sholat dhuha. Allah Subhanahu Wa Ta’ala menjamin pahala dan rezeki dari pagi hingga sore.

Begitu besarnya keutamaan dari sholat dhuha ini, jadi akan sangat sayang apabila kita melewatkan dan tidak mengerjakan sholat Sunnah ini.

Selain dhuha, terdapat juga sholat sunnah lain seperti rawatib dan tahajud yang tidak kalah pentingnya.

Baca juga : Sholat Sunnah Rawatib

Dalam pelaksanaan sholat dhuha, terdapat tata cara yang harus kita ikuti sesuai sunnah. Mulai dari niat sholat hingga doa di akhir sholat.

Berikut ini adalah doa sholat dhuha lengkap yang bisa kita baca ketika menjalankan sholat dhuha.

Bacaan di bawah sudah dilengkapi beserta artinya dan apabila kamu kesulitan membaca doa sholat dhuha arab terdapat pula tulisan latinnya.

Doa Sholat Dhuha Arab

 اَللَّهُمَّ إِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاؤُكَ وَالبَهَاءَ بَهَاؤُكَ وَالجَمَالَ جَمَالُكَ وَالقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللَّهُمَّ إِنْ كَانَ رِزْقِي فِي السَّمَاءِ فَأَنْزِلْهُ وَإِنْ كَانَ فِي الأَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَإِنْ كَانَ مُعْسِرًا فَيَسِّرْهُ وَإِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَإِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِي مَا آتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

اَللَّهُمَّ بِكَ أُصَاوِلُ وَبِكَ أُحَاوِلُ وَبِكَ أُقَاتِلُ ثُمَّ يَقُوْلُ رَبِّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Doa Sholat Dhuha Latin

 Allahumma innad dhuha’a dhuha’uka, wal baha’a baha’uka, wal jamala jamaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ‘ishmata ishmatuka. Allahumma in kana rizki fis samai, fa anzilhu.

Wa in kana fil ardhi, fa akhrijhu. Wa in kana mu ‘siron, fa yassirhu. Wa in kana haraman, fa thahhirhu. Wa in kana ba ‘idan, fa qarribhu bi haqqi dhuha’ika, wa baha’ika, wa jamalika, wa quwwatika, wa qudratika. Atini ma ataita ‘ibadakas shalihin.

Allâhumma bika ushawilu, wa bika uhawilu, wa bika uqatilu. Rabbighfir li, warhamni, watub ‘alayya. Innaka antat tawwabur rahim.

Arti Doa Sholat Dhuha

“Tuhanku, sungguh waktu dhuha adalah milik-Mu. Yang ada hanya keagungan-Mu. Tiada lagi selain keindahan-Mu. Hanya ada kekuatan-Mu. Yang ada hanya kuasa-Mu. Tidak ada yang lain kecuali lindungan-Mu. Tuhanku, kalau rezekiku di langit, turunkanlah. Kalau berada di bumi, keluarkanlah. Kalau sulit, mudahkanlah. Kalau haram, gantilah jadi yang suci. Bila jauh, dekatkanlah dengan hakikat dhuha, keagungan, kekuatan, kekuasaan-Mu. Tuhanku, berikanlah aku apa yang Kau anugerahkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh.

Tuhanku, dengan-Mu aku bergerak. Dengan-Mu aku berusaha. Dengan-Mu, aku berjuang. Tuhanku, ampunilah segala dosaku. Turunkan rahmat-Mu kepadaku. Anugerahkanlah tobat-Mu untukku. Sungguh Engkau maha penerima tobat, lagi maha penyayang.”

Keutamaan Sholat Dhuha

Setiap amalan suatu ibadah pasti terkandung keutamaan ketika mengerjakannya.

Begitu juga dengan sholat dhuha ini, terdapat beberapa keutamaan yang perlu kita ketahui.

Keutamaan adalah suatu manfaat atau faedah yang bisa kita dapatkan. Dalam hal ini adalah apa yang bisa kita terima dan rasakan ketika menjalankan ibadah sholat dhuha.

Berikut adalah beberapa keutamaan sholat dhuha tersebut :

Wasilah dari Rasulullah

Mengerjakan sholat dhuha berarti kita telah menjalankan apa yang telah diwasiatkan oleh Rasulullah Salallahu ‘Alaihi Wasallam.

Hal ini sebagai wujud dari kecintaan kita kepada Rasulullah.

Secara tegas, Imam Thabari mengatakan pada sebuah hadits yang artinya “Sholat dhuha adalah sebuah wasiat dari Rasulullah Salallahu ‘Alaihi Wasallam kepada Abu Hurairah dan juga kepada seluruh umat beliau”.

Dalam hadits lainnya yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari bahwa Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu berkata :

“Rasulullah Salallahu ‘Alaihi Wasallam memberikan wasiat kepadaku dengan tiga perkara yang tidak pernah aku tinggalkan sampai nanti aku mati, yaitu puasa tiga hari pada tiap bulan, mengerjakan sholat dhuha, dan mengerjakan sholat witir sebelum tidur.”

Pahalanya Seperti Orang Haji dan Umroh

Sholat dhuha memiliki keutamaan berupa pahala, seperti halnya pahala yang diterima oleh orang yang menjalankan haji dan umroh.

Untuk bisa mendapatkan pahala ini, maka sebelum menjalankan sholat dhuha kita perlu mengerjakan sholat subuh berjamaah, dilanjutkan dengan dzikir hingga matahari terbit.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala menjanjikan kepada siapa di antara hamba-Nya yang mau menjalankannya.

Keutamaan ini ditegaskan dengan sebuah hadist Riwayat Anas bin Malik yang menyebutkan bahwa Rasulullah Salallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :

“Siapa saja yang melaksanakan sholat subuh berjamaah, lalu dia duduk dengan melantunkan dzikir kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala sampai matahari terbit, kemudian dia mengerjakan sholat dua rakaat, maka pahala yang dia dapatkan seperti pahala orang yang diperoleh dari haji dan umroh”.

Rezekinya Akan Dicukupkan

Hal yang paling banyak dijelaskan pada keutamaan sholat dhuha adalah akan tercukupinya rezeki bagi orang yang melaksanakannya.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad disebutkan bahwa Allah Subhanahu Wa Ta’ala bersabda :

“Hai anak Adam, janganlah kamu tinggalkan sholat empat rakaat di awal hari, niscaya Aku akan cukupkan rezeki untukmu sepanjang hari.”

Sama dengan Sholat Awwabin

Awwabin adalah sebuah istilah yang digunakan ketika seseorang kembali taat. Mengerjakan sholat dhuha ini dipercaya sebagai sholat yang dilakukan oleh orang taat.

Apabila rutin mengerjakannya, maka kita akan dicatat sebagai orang yang taat. Catatan ini akan menambahkan pahala di hadapan Allah Subahanallahu Wa Ta’ala.

Pada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, pada suatu waktu Nabi Muhammad Salallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :

“Tidaklah seseorang yang senantiasa menjaga sholat dhuhanya, melainkan dia adalah awwab. Sholat dhuha ini termasuk sholat awwabin.”

Baca juga : Tata Cara Sholat Taubat

Pengganti Tasbih, Tahmid, Tahlil

Dua rakaat pada sholat dhuha, sama nilainya ketika berdzikir tahlil, tahmid dan tasbih. Hal ini ditegaskan dengan sebuah hadist riwayat muslim yang artinya :

”Setiap pagi tiap-tiap sendi wajib bersedekah. Tiap tasbih, tiap tahlil, tiap tahmid, tiap takbir adalah sedekah, menganjurkan kebaikan adalah sedekah, mencegah mungkar adalah sedekah dan kamu cukup menggantinya dengan dua rakaat di waktu dhuha.

Penghapus Dosa

Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan mengampuni dosa orang yang mengerjakan sholat dhuha dengan ikhlas dan khusyuk.

Hal ini tertuang dalam Hadits Riwayat Tirmidzi dan Abu Daud yang artinya :

“Siapa saja yang mengerjakan sholat dhuha dan mampu melaksanakannya setiap hari, niscaya Allah akan mengampuni dosanya, walaupun sebanyak buih di lautan.”

Amalan sunnah sholat dhuha adalah amalan yang banyak memiliki keutamaan, khususnya melapangkan rezeki.

Dengan melaksanakan sholat dhuha yang khusuk dan membaca doanya, maka peluang untuk mendapatkan semua keutamaan tersebut akan semakin besar.

Selain itu, keimanan dan ketakwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan semakin meningkat, sehingga kita bisa memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi.

Sholat dhuha juga sebagai perwujudan dari pelaksanaan wasiat Rasulullah Salallahu ‘Alaihi Wasallam.

Demikianlah pembahasan tentang doa sholat dhuha. Semoga bermanfaat dan amalan kita semua diterima oleh Allah Subhanallahu Wa Ta’ala, aamiin. Wallahu a’lam bish shawab.

Doa Pembuka Rezeki

Neny S.
5 min read

Doa Ketika Sakit

Neny S.
5 min read

Doa Ketenangan Hati

Neny S.
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *