Sholat Taubat

4 min read

gambar orang sholat taubat

Setiap manusia di dunia sudah pasti pernah berbuat salah, sebab tidak ada makhluk Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang sempurna.

Itu sebabnya, manusia dianjurkan untuk banyak memohon ampunan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Solusi terbaiknya yaitu dengan menjalankan sholat taubat. Waktu sholat taubat yang tepat yaitu di waktu sepertiga malam setelah sholat tahajud, yang selengkapnya akan kami bahas pada artikel kali ini.

Defenisi Sholat Taubat

Menurut Wikipedia, taubat memiliki arti kembali menuju syariat Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Tentunya dilakukan secara bersungguh-sungguh dengan mengakui atas segala kesalahan yang telah diperbuat dan berusaha untuk tidak mengulanginya.

Selain itu, umat muslim juga harus menjauhi segala perbuatan maksiat.

Sholat taubat yaitu sholat sunnah untuk memohon ampunan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, atas semua perbuatan dan dosa-dosa yang telah dilakukan secara sungguh-sungguh.

Tentunya dengan niat untuk tidak mengulanginya kembali. Untuk itu, cara melakukan sholat taubat dan waktu sholat taubat yang tepat sangat penting untuk diketahui.

Jika sudah memiliki niat untuk menjalankan sholat taubat dan menerapkan tata cara sholat taubat yang benar pada waktu yang tepat. Sebaiknya umat muslim tidak akan mengulangi lagi perbuatan dosa atau maksiat yang sudah lalu.

Pada umumnya tata cara solat taubat ini tidak jauh beda dengan sholat-sholat sunnah lainnya.

Namun yang berbeda yaitu pada bacaan surat yang disarankan dan doa setelah sholat.

Untuk waktu sholat taubat yang baik, kita bisa mengikuti anjuran Rasulullah.

Waktu Sholat Taubat yang Tepat

Taubat yaitu suatu perbuatan yang tidak boleh ditunda-tunda, sehingga harus segera dilaksanakan ketika menyadari telah melakukan perbuatan dosa atau maksiat.

Sholat sunnah taubat yaitu bentuk dari sholat mutlak, sehingga cara dan waktu pengerjaannya bisa dilakukan pada malam hari ataupun siang hari, kecuali di waktu-waktu yang diharamkan.

Menurut sebagian ulama menyampaikan bahwa salat taubat sebaiknya dikerjakan pada waktu yang utama di 2/3 malam atau pada waktu menjalankan sholat tahajud.

Meskipun begitu, berikut waktu-waktu yang dilarang untuk menjalankan sholat sunat taubat:

  • Mulai terbit fajar yang kedua sampai dengan waktu terbitnya matahari.
  • Pada saat matahari terbit sampai dengan matahari terbit naik sepenggalan.
  • Seusai waktu sholat ashar sampai dengan tenggelamnya matahari.
  • Pada saat menjelang matahari tenggelam sampai benar-benar matahari tenggelam sempurna.

Tata Cara Sholat Taubat

Tata cara dalam menjalankan shalat taubat sama seperti dengan sholat sunnah lainnya.

Kita bisa mengerjakannya 2 rakaat, 4 rakaat dan 6 rakaat dengan setia rakaat salam. Karena termasuk dalam sholat nafilah, maka dianjurkan untuk melaksanakannya sendirian. Adapun tata caranya secara lengkap dijelaskan pada artikel tata cara sholat taubat.

Baca Juga : Bacaan Doa Setelah Sholat

Keutamaan Sholat Taubat

Sholat sunnah taubat dikerjakan untuk memohon ampunan  kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas segala dosa-dosa yang telah diperbuat, baik dosa besar maupun dosa kecil.

Manfaat dari sholat taubat sendiri yaitu untuk menghapus segala dosa-dosa dan kesalahan yang pernah diperbuat.

Terutama jika kita memanfaatkan waktu sholat taubat nasuha di waktu sepertiga malam.

Jika pernah melakukan perbuatan dosa dan tidak segera memohon ampun kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, maka akan membuat seseorang menyesal ketika sudah di alam akhirat nanti.

Dengan melakukan sholat taubat ini, akan mendapatkan banyak sekali manfaat yang luar biasa.

Selain mendapat ampunan dari Allah, kehidupan seseorang juga akan menjadi lebih tenang. Berikut ini beberapa keutamaan melaksanakan sholat taubat yang wajib kita ketahui:

  • Diampuni Atas Segala Dosa-Dosanya

Bagi seseorang yang melakukan sholat sunnah taubat dengan sungguh-sungguh pada jam berapa saja kecuali pada waktu-waktu yang diharamkan, maka akan diampuni Allah atas segala dosa-dosanya yang pernah diperbuat.

Jadi, jika kita merasa pernah melakukan dosa atau perbuatan maksiat, sebaiknya segera mengambil wudhu dan melakukan sholat sunnah taubat dua rakaat.

  • Memperoleh Pahala Sholat Sunnah

Keistimewaan dari sholat taubat yaitu memperoleh pahala yang berlimpah, karena sudah melaksankan dan menghidupkan salah satu sholat sunnah yang dianjurkan Rasulullah Salallahu ‘Alaihi Wasallam.

Bagi orang-orang yang mau mengerjakan sholat taubat maka balasannya yaitu syurga.

  • Dimasukkan ke Surga oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Allah akan menjamin hamba-Nya yang bertaubat atas perbuatan dosanya. Semua perbuatan umat muslim selama di dunia akan di hisab.

Dengan melaksakan sholat sunnah taubat secara bersungguh-sungguh dan berniat untuk tidak mengulangi atas perbuatannya, maka orang tersebut akan ditempatkan di surga dan dijauhkan dari api neraka.

  • Dimudahkan Urusannya

Seseorang yang menggunakan waktu sholat taubat pada waktu yang tepat akan dimudahkan segala urusannya di dunia oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Untuk itu, sebagai umat islam sebaiknya mengamalkan sholat sunnah yang satu ini. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa sebagai hamba-Nya sudah pasti kita tidak akan luput dari perbuatan salah.

  • Disayangi oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Allah akan senantiasa mencintai hamba-Nya yang selalu bertaubat atas segala perbuatannya

Dengan mengerjakan sholat sunnah taubat 2 rakaat, berarti seseorang menyadari telah melakukan perbuatan dosa dan benar-benar menyesal dengan bertaubat untuk tidak mengulangi kesalahannya dimasa lalu.

  • Derajatnya Akan Ditinggikan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Keajaiban menjalankan sholat taubat yang lainnya yaitu akan ditinggikan derajadnya oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Karena sudah memperbanyak sujud untuk memohon ampunan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala melalui sholat taubat.

Waktu sholat taubat yang benar sesuai anjuran rasulullah Salallahu ‘Alaihi Wasallam yaitu pada waktu sepertiga malam. Namun jika tidak memungkinkan, kita bisa melakukannya kapan saja diluar waktu-waktu yang dilarang.

  • Akan Selalu Didoakan oleh Malaikat

Bagi umat muslim yang selalu mengerjakan sholat sunnah taubat dan memohon ampunan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, maka akan selalu didoakan oleh malaikat.

Para malaikat akan selalu memanjatkan doa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala untuk dihadiahkan kepada para umat muslim yang selalu bertaubat atas perbuatannya.

  • Melapangkan hati yang sempit

Dengan melaksanakan sholat taubat, maka hati yang tadinya sempit akan menjadi lapang dan lebih dekat kepada Allah Subhanallahu Wa Ta’ala.

  • Kehidupannya menjadi lebih baik

Dengan melakukan sholat taubat, maka kehidupannya yang tadinya tidak jelas akan berubah menjadi tertata dan memiliki tujuan yang jelas.

  • Suasana hati menjadi tenang

Dengan sholat taubat, maka jiwa seseorang yang tadinya gelap gulita menjadi terang sehingga kehidupannya menjadi lebih tenang.

Melakukan berbagai amalan kebajikan menjadi salah satu cara untuk memperbaiki diri setelah kita melakukan sholat sunnah taubat nasuha.

Kesimpulan

Didalam proses menuju taubatan nasuha atau taubat yang bersungguh-sungguh, yang terpenting adalah tidak mengulangi lagi perbuatan maksiat yang dulu pernah diperbuat. Dan tidak pula menambah yang baru.

Tentunya diiringi dengan melaksanakan perintah Allah terutama menjalankan ibadah shalat 5 waktu lengkap, bukan hanya melaksanakan shalat maghrib saja yang jumlah rakaatnya ringan, tetapi wajib kesemuanya.

Seperti halnya shalat subuh yang waktunya adalah subuh hari, dimana kadang mata terasa masih sangat berat, menjalankan ibadah bisa menjadi sangat ringan dan nikmat apabila kita memperbesar rasa cinta kita kepada Allah.

Akan lebih baik jika kita sempatkan dulu untuk memulai hari dengan melaksanakan shalat sunnah subuh sebelum shalat wajib subuh. Yangmana manfaatnya lebih besar dari dunia dan seisinya.

Pada pagi harinya ditengah kesibukan kita, bisa kita sempatkan untuk melaksanakan shalat dhuha serta memahami apa manfaat shalat dhuha, karena shalat dhuha memiliki manfaat yang luar biasa untuk memperlancar hari kita.

Demikianlah Penjelasan mengenai waktu sholat taubat beserta tata cara, doa setelah sholat dan keutamaannya.

Semoga bisa menambah wawasan dan memberikan motivasi bagi kita untuk segera melaksanakan sholat sunnah taubat dan diterima oleh Allah Subhanallahu Wa Ta’ala, aamiin. Wallahu a’lam bish shawab.

Sholat Hajat

Neny S.
3 min read

Sholat Tahiyatul Masjid

Neny S.
4 min read

Sholat Sunnah Rawatib

Neny S.
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *